Hambatan dan Hikmah

Hambatan yang datang dalam hidup ini mustinya kita hadapi dengan dada terbuka, karena dibalik hambatan itu tentu saja ada hikmah yang senantiasa membuat kita tersenyum di esok hari.


Suatu ketika seorang petani menemukan kepompong kupu-kupu. Petani itu duduk dan mengamatinya hingga berjam-jam. Saat itu nampak seekor kupu-kupu muda mencoba keluar melalui lubang kecil dikepompongnya tersebut, Namun selama berjam-jam, kupu-kupu belum mampu keluar, malah terlihat tidak bergerak dipertengahan jalan.

Merasa kasihan, petani itu memutuskan untuk menolong kupu-kupu agar bisa keluar dengan segera. Lalu diambilah sebuah parang untuk merobek kepompong agar lubang tersebut membesar dan dapat dilalui kupu-kupu itu dengan mudah. Benar saja, kupu-kupu itu keluar dengan mudahnya, namun ada keanehan yang terlihat setelah kupu-kupu itu diluar kepompong. Tubuhnya terlihat tambun. Sayapnya terlihat kecil dan keriput.

Dengan rasa penasaran, Petani itu terus mengamati dan ia berharap bahwa suatu saat sayapnya akan membesar dan meluas sehingga mampu menopang tubuhnya yang tambun.

Namun semua itu tidak terjadi, pada kenyataannya, kupu-kupu itu hanya  mengabiskan hari-harinya dengan merangkak, tubuhnya tetap membengkak dan sayapnya tetap keriput. Lebih menyedihkan lagi, dia tidak pernah bisa terbang. Tidak pernah merasakan yang dirasakan teman-temannya. Terbang….!!!

Kebaikan yang diberikan Petani itu justru berujung pada kejadian yang mengerikan. Bahwa sebenarnya perjuangan kupu-kupu untuk melewati lubang kecil adalah cara alami untuk memaksa cairan yang berada didalam tubuhnya untuk keluar, dimana, cairan itu berfungsi untuk mengembangkan sayapnya.

Hikmah :

Teman, hidup itu butuh perjuangan karena tidak ada kehidupan tanpa hambatan. Jika alam memungkinkan kita menjalani hidup tanpa hambatan, itu malah akan melumpuhkan kita. Kita tidak akan menjadi kuat melalui hambatan dan rintangan setelah itu. Hambatan yang datang dalam hidup ini mustinya kita hadapi dengan dada terbuka, karena dibalik hambatan itu tentu saja ada hikmah yang senantiasa membuat kita tersenyum di esok hari.

 

Artikel terkait :

  • Pelajaran Sang Kakek
  • Apa Kamu Bisa?
  • Kisah Veteran Perang Vietnam
  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: